Sushi | Bento | Konsep Waralaba
Bagaimanakah Sebuah Konsep Waralaba Bekerja
Sebuah waralaba adalah sebuah konsep atau sistem usaha (dalam sekala usaha besar) yang pada prakteknya memberikan sebuah usaha (skup
lebih kecil) dan memberikan hak untuk menjual produk dalam usaha
tersebut dan untuk menjalankan konsep atau sistem usaha tersebut tentu
saja dengan menggunakan nama dari sistem usaha yang anda ambil sebgai
mitra kerja anda.
Sistem usaha yang lebih besar yang memberikan produknya untuk di jual
dan juga brandingnya yang bisa digunakan oleh mitra mereka dapat
diartikan sebagai sebuah operator warlaba atau
vendor waralaba, di sisi lain sebuah konsep yang lebih kecil, yang
menggunakan branding dan juga menjual produk dari sebuah konsep usaha
yang diajadikan mitra kerja dapat diartikan sebagai pengguna sistem
waralaba atau mitra kerja waralaba. Pengguna atau yang mengambil konsep
waralaba harus berjalan sesuai dengan acuan dan sistem yang sudah
dikembangkan oleh vendor waralaba, dimana semua kriteria dan sistem yang ada didalamanya sudah dikembangkan dan sudah dibuktikan oleh vendor waralaba itu sendiri.
Keuntungan
Sistem waralaba memberikan banyak manfaat tentunya bagi pemilik atau vendor waralaba
dan juga sudah tentunya kepada mitra usaha mereka. Pemilik waralaba
memiliki kesempatan untuk memasarkan produk mereka pada pasar baru
dimana jika mereka membuka cabang mereka sendiri akan membutuhkan
alokasi dana yang tidak sedikit dan juga kerja keras yang tidak mudah
pula untuk mengatur dan memulai cabang mereka. Sebagai pengguna jasa
atau pemakai konsep waralaba, disisi lain tentunya juga mendapatkan
kesempatan dan manfaat berupa sebuah sistem usaha yang sudah nyata,
memiliki kepastian produk, memiliki nilai jual serta penggunaan nama
yang sudah tentunya mereka tidak perlu brandingkan dari awal. Sebuah
konsep waralaba bukanlah sebuah sistem usaha yang diperuntukan untuk
semua orang, karena pada dasarnya tidak semua orang dapat meniru konsep
usaha dan juga sistem usaha tersebut dimana usaha usaha konvensional
lainnya memiliki kemungkina besar untuk mendapatkan pesaing yang sama.
Sebuah konsep usaha yang memiliki resiko di gandakan atau di duplikat
oleh orang lain tentu saja akan memberikan resiko yang besar atas
kelangsungan usaha tersebut. Disinilah letak manfaat utama sebuah konsep
warlaba, dimana hanya mitra usaha saja yang akan memahami pola usaha tersebut dan artinya kelangsungan usaha mereka lebih aman.
Resiko atas kepemilikan Waralaba
Tentu saja, seorang pemilik waralaba
memberikan hak atas penggunaan nama dan penjualan produk mereka kepada
orang lain, mereka mempertaruhkan kredibilitas mereka dan nama mereka
untuk kemungkinan tercoreng atau terkikis oleh pemakai konsep waralaba
yang kurang kompeten. Sebagai pengguna konsep waralaba, tentu saja di
sisi lain, harus selalu mempertimbangkan konsep usaha tersebut
berdasarkan sistem yang sudah di tentukan oleh pemilik waralaba. Disini
lah resiko yang paling tidak harus dipahami oleh para pengguna waralaba, dimana mereka tidak bisa menjalankan usaha tersebut dengan keluar dari jalur yang sudah di tentukan.
0 comments: